6 Tips Mengatur Keuangan Bisnis Anda

Apakah menurut Anda mengelola keuangan bisnis itu merepotkan? Meskipun mungkin tampak, dan seringkali, membosankan, menjaga keuangan Anda tetap teratur sangat penting.

Ini membantu Anda untuk memproyeksikan ke mana arah bisnis Anda, dan ketika Anda tahu persis bagaimana pendapatan dan pengeluaran Anda menumpuk, Anda dapat mulai membuat keputusan yang lebih tepat untuk bisnis Anda. Memelihara catatan keuangan Anda juga membuat pelaporan dan pembayaran pajak jauh lebih mudah dikelola.

Jangan mencoba melakukan semuanya sendirian. Manfaatkan bakat dan alat yang tersedia untuk Anda. Berikut adalah enam tips untuk membantu Anda mengatur keuangan bisnis Anda:

1. Pisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis Anda

Menggabungkan keuangan pribadi dan bisnis Anda pasti akan menghasilkan kebingungan. Mungkin tampak nyaman untuk menagih semuanya ke satu kartu, tetapi pada akhirnya ini akan membuat pelacakan pengeluaran Anda jauh lebih rumit daripada yang seharusnya.

Mulailah dengan membuka rekening bank dan kartu kredit terpisah untuk bisnis Anda. Untuk pelacakan dan pengukuran keuangan Anda yang berkelanjutan, dan untuk tujuan pajak, praktik ini akan sangat merepotkan dalam menyortir transaksi Anda setiap kuartal, atau setiap tahun sesuai kasusnya.

Ini juga akan menghilangkan tebakan dari persamaan. Jika Anda ingin sukses dalam bisnis, Anda harus dapat memantau dan melacak indikator kinerja utama Anda. Anda perlu mengetahui skornya, dan beberapa elemen terpenting termasuk arus kas, pengeluaran, pendapatan, laba, dan sebagainya.

2. Pilih Software Akuntansi yang Masuk Akal Untuk Bisnis Anda

Ketika datang ke perangkat lunak akuntansi, ada berbagai solusi yang berbeda. Pikirkan Xero, QuickBooks dan Freshbooks. Perangkat lunak akuntansi online terbaik tergantung pada bisnis Anda, dan ada baiknya mempertimbangkan beberapa opsi sebelum mengambil keputusan.

Jika Anda belum memindahkan data keuangan Anda dari perangkat lunak desktop ke cloud, itu akan menjadi urutan bisnis pertama Anda. Alat berbasis cloud memungkinkan Anda melihat wawasan waktu nyata, dan dapat diakses dari mana saja kapan saja. Kemampuan untuk mengawasi keuangan Anda dengan cepat memberi Anda banyak fleksibilitas sebagai pemilik bisnis.

Jika Anda telah memilih solusi online, pastikan solusi tersebut tepat untuk Anda dan bisnis Anda. Saat ini, lebih dari sebelumnya, ada banyak sekali pilihan untuk dipilih, dan jika Anda tidak puas dengan layanan Anda saat ini daftar joker slot, Anda selalu dapat beralih ke platform lain yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Pertimbangkan Untuk Menyewa Pembukuan Profesional

Kebanyakan orang bukanlah orang yang berhitung, dan tidak akan pernah bersemangat tentang mereka seperti halnya akuntan atau pemegang buku. Jika mengelola keuangan Anda sendiri mulai membuat Anda gelisah, inilah saatnya untuk menyewa pembukuan yang berkualitas.

Banyak pengusaha memiliki kecenderungan untuk mencoba menangani semuanya sendiri. Tetapi seperti halnya masalah hukum, elemen granular akuntansi usaha kecil biasanya tidak berada dalam ruang kemudi pemilik bisnis.

Meskipun mudah untuk menolak dengan mengorbankan bekerja dengan pemegang buku, mereka akan dapat membantu Anda menghemat uang dalam jangka panjang. Anda akan dibebaskan untuk mengerjakan tugas-tugas bernilai tinggi yang membuat bisnis terus bergerak maju, sementara pemegang buku Anda menangani kebosanan dalam menghitung angka.

4. Tetap Teratur dan Rencanakan ke Depan.

Kiat-kiat di atas akan membantu menjaga keuangan Anda tetap teratur. Selain itu, memantau keuangan Anda dan memproyeksikan pendapatan dan pengeluaran di masa depan akan memungkinkan Anda membuat keputusan jangka panjang yang lebih baik untuk bisnis Anda.

Tanpa informasi ini, perencanaan ke depan dapat terbukti menantang. Jika Anda tidak melihat masa depan bisnis Anda, Anda mungkin akan terkejut. Jika Anda ingin maju dan tetap terdepan dalam persaingan, Anda harus merencanakan sebanyak 10 tahun sebelumnya.

Anda akan dapat mengurangi kejutan yang tidak diinginkan jika Anda tetap berada di depan bola. Bahkan jika pengeluaran tak terduga memang meningkat, jika Anda telah mempraktikkan konservatisme dalam pengeluaran Anda, Anda seharusnya tidak mengalami masalah besar.

5. Membuat Anggaran

Bagian dari tetap terorganisir dan perencanaan ke depan harus mencakup pembuatan anggaran. Banyak pemilik bisnis memandang langkah ini sebagai langkah yang membosankan dan tidak perlu, tetapi pentingnya anggaran dapat disamakan dengan nilai rencana bisnis yang disusun dengan baik.

Anggaran bukanlah alat untuk merencanakan bagaimana setiap sen harus dibelanjakan. Sebaliknya, ini adalah kerangka kerja yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda membuat keputusan yang jelas, apakah itu meningkatkan pengeluaran pemasaran Anda, atau memotong biaya ekspansi untuk menjaga keuntungan Anda tetap pada jalurnya.

Buat anggaran dan gunakan sebagai panduan Anda. Jangan biarkan itu memaksa Anda mengambil keputusan yang tidak ingin Anda buat, tetapi gunakan itu untuk membuat penyesuaian kapan dan di mana diperlukan.

6. Temukan Komunitas Keuangan Anda

Credit union sangat berharga bagi pemilik usaha kecil, terutama karena mereka sering kali bersedia memberikan pinjaman dengan harga yang bersaing. Buatlah titik untuk mencari yang terbaik di wilayah Anda, dan pastikan mereka memahami kebutuhan bisnis Anda. Kemitraan ini terbukti sangat bermanfaat.

Beberapa keuntungan lain dari serikat kredit termasuk lebih sedikit biaya transaksi dan biaya layanan akun, serta layanan yang fleksibel dan disesuaikan.

Karena serikat kredit tidak bertanggung jawab kepada pemegang saham, mereka diberdayakan untuk mengutamakan kepentingan Anda. Serikat kredit juga menyimpan keuntungan di dalam komunitas, dan membantu pengusaha pemula mewujudkan bisnis impian mereka.