Bagaimana Mengelola Bisnis Musiman

Apa pun industri yang mereka geluti, sebagian besar bisnis mengalami pasang surut musiman. Namun seperti Santa, beberapa perusahaan kamp musim panas, sekolah ski dan toko Natal, misalnya sangat bergantung pada pendapatan yang dihasilkan selama satu musim untuk membawa mereka sepanjang tahun.

Biasanya, bisnis musiman termasuk dalam salah satu dari dua kategori: bisnis yang dapat ditutup di luar musim dan bisnis yang pemiliknya harus menemukan cara lain untuk mempertahankan arus kas selama sisa tahun.

Bisnis Scott Stillings dengan tegas masuk dalam kategori pertama. Pemilik Winter Sports School di resor ski Nub’s Nob di Harbour Springs, Michigan, Stillings mengatakan bisnisnya adalah model arus kas yang besar. “Ini adalah bisnis yang terbuka dan tertutup,” katanya. “Kami menyeimbangkan pembukuan kami setiap minggu, membayar setiap tagihan dan setiap orang setiap minggu, dan ketika kami menutup pintu di akhir musim, kami tahu persis di mana kami berada. berdiri. Tidak ada sisa.’

Staf mulai mempersiapkan pada bulan September untuk musim ski dan snowboarding, yang dimulai pada akhir pekan Thanksgiving. Stillings mengatakan hari pembukaan adalah sekolah tersibuk, diikuti oleh hari-hari sekitar Natal dan kemudian akhir pekan Hari Presiden. “Kemudian kami tetap pada tingkat arus kas yang dapat dikelola [sepanjang musim],” tambahnya.

Karena tidak banyak persediaan dan tidak ada staf tetap–Stillings mempekerjakan lebih dari 100 instruktur setiap musim–pintu ditutup pada akhir pekan kedua di bulan April setiap tahun. ‘Pada bulan April, kami mencoba menyelesaikan semuanya untuk tahun ini dan memikirkan apa yang harus kami lakukan untuk tahun depan selagi masih segar dalam ingatan kami,’ katanya. Itu termasuk memperbarui literatur, brosur, dan situs web, sehingga orang selalu dapat mengakses yang berikutnya. informasi musim.

“Kalau begitu kita tidak jongkok sampai Agustus ketika kita memasukkan brosur ke dalam amplop,’ kata Stillings. ‘Kebanyakan tahun, saya bisa mengambil cuti sepanjang musim panas jika saya mau. Jika ini bukan tahun yang baik, saya selalu bisa ikat gitar saya ke punggung saya dan pergi dan tampil sebagai solois atau band.’

Untuk saudara-saudara Vourderis, yang orang tuanya membeli taman hiburan dan Roda Ajaib kincir ria yang dibangun pada tahun 1920 dan dinyatakan sebagai tengara Kota New York pada tahun 1989-musim sibuk berlangsung dari April hingga Oktober. “Kami menghadap pantai, jadi kami 100 persen didorong oleh cuaca,” kata Vourderis. “Jika matahari terbit, orang-orang datang ke pantai, jalan setapak, dan wahana. Jika hujan, bahkan tidak layak untuk dibuka.” Karena bisnis satu tahun diperas menjadi enam bulan, setiap hari yang cerah diperhitungkan. Vourderis menggunakan 4 Juli sebagai patokan untuk berada dalam kegelapan.

Selama musim sepi, Vourderis tetap sibuk, karena dia, saudara laki-lakinya dan staf terlatih mereka membongkar kursi dan bagian lain dari wahana dan menyimpannya di gudang tempat mereka dicat dan menjalani perawatan, perbaikan, dan inspeksi.

Pemeliharaan, perbaikan, dan pengecatan juga dilakukan selama bulan-bulan musim dingin bagi Jay Kandle dan keluarganya, yang menjalankan Lake Kandle Campgrounds and Swim Club di Sewell, New Jersey. ‘Kami suka musim dingin di bulan Oktober, tepat setelah kami tutup,’ kata Kandle. ‘Kami juga merawat kolam, menyingkirkan peralatan penyelamat untuk penjaga pantai, melakukan pemeliharaan lanskap, membangun kembali meja piknik tua, dan sebagainya. Kami bersiap untuk tahun yang akan datang seperti petani.’ Kandle mendedikasikan seluruh tahun untuk bisnis, meskipun fakta dia hanya membawa uang dari perkemahan dan klub renang selama hampir delapan bulan itu.

Dari perencanaan pajak hingga perekrutan staf, Kandle menghabiskan bulan Oktober hingga Maret untuk mempersiapkan musim yang akan melibatkan sekitar 2.000 anggota klub renang dan peserta berkemah yang mengunjungi 150 lokasi perkemahan di lahan seluas hampir 20 hektar. Satu hal yang membantu menjaga Kandles dalam kegelapan adalah pendapatan tambahan yang mereka hasilkan dari menyewakan 40 hektar tambahan lahan pertanian, yang, bersama dengan perkemahan, telah dimiliki keluarga sejak 1892.

‘Ayah dan ibu saya bermimpi membuka klub renang dan perkemahan,’ kata Kandle, yang telah mengambil pendekatan yang sedikit berbeda untuk menjalankan perkemahan daripada yang dilakukan orang tuanya. ‘Pada hari orang tua saya, Januari akan menjadi waktu yang tidak menyenangkan sepanjang tahun. Tetapi dengan memasarkan klub renang untuk menarik lebih banyak bisnis dan menerima deposit sekarang, kami dapat meningkatkan arus kas kami selama musim sepi.’

Musim sepi juga merupakan waktu bagi pemilik bisnis musiman untuk menangani keputusan penting yang akan memengaruhi bisnis di musim mendatang. ‘Dari sudut pandang manajerial, saya mencoba membagi bisnis menjadi dua bidang yang saling terkait, sisi bisnis dan sisi operasional,’ kata Ron Weinhold, manajer umum dan kepala operasi di dua kamp bisbol Cal Ripkin dan fasilitas turnamen di Aberdeen, Maryland, dan Pantai Myrtle, Carolina Selatan. “Ketinggian aktivitas di sisi penjualan antara Oktober dan Juni, dan puncak aktivitas di sisi operasi antara Maret dan Oktober. Jadi meskipun bisnis kami dianggap musiman, itu sangat banyak operasi sepanjang tahun, dengan kunci keputusan yang dibuat selama bulan-bulan musim dingin.”

Kamp juga sedikit berbeda dari beberapa bisnis musiman lainnya karena peningkatan arus kas selama bulan-bulan sebelum kamp. Sementara musim kamp resmi terlihat paling sibuk, pendaftaran di luar musim menghasilkan sebagian besar pendapatan mereka.

Meskipun banyak pemilik bisnis musiman mampu mengendarai gelombang pendapatan melalui bulan-bulan di luar musim, beberapa pemilik memilih untuk berpindah persneling. Baik itu untuk mempertahankan arus kas yang lebih konsisten, memanfaatkan lokasi ritel dengan lebih baik, atau menciptakan sedikit ketenangan pikiran, beberapa pemilik bisnis musiman memiliki rencana alternatif di luar musim.

“Halloween telah menjadi besar dengan orang-orang mendekorasi rumah mereka di dalam dan di luar, pergi ke pesta dan memberikan hadiah,” jelas Garth Svenson, yang sekarang menjalankan bisnis milik keluarga yang dimulai oleh orang tuanya. “Orang-orang juga mendekorasi Hari Valentine dan memasang lampu untuk Hari St. Patrick dan Empat Juli.”

Melengkapi liburan belanja tahunan terbesar tanpa menyimpang terlalu jauh dan kehilangan toko Natal berikutnya telah menjadi tindakan penyeimbang. Tetapi dengan mengambil keuntungan dari permintaan konsumen, mereka mampu mengubah apa yang terutama merupakan bisnis Natal menjadi toko perayaan sepanjang tahun.

Jan Axel, seorang pematung lama yang terjun ke lansekap setelah pindah dari Manhattan ke South Salem, New York, melengkapi bisnis lansekap Delphinium Design-nya dengan layanan dekorasi liburan. ‘Sebagai seorang desainer lanskap, saya merasa sangat lambat di musim dingin, jadi seorang rekan dan saya mulai melakukan dekorasi liburan,’ Axel menjelaskan. Bersama-sama, keduanya memulai Cirque de Botanica, bisnis desain liburan yang terpisah. ‘Itu adalah spin-off alami, dan kepuasan langsung membuatnya sangat menarik. Banyak hal yang kita lakukan sebagai penata taman membutuhkan banyak waktu; terkadang butuh bertahun-tahun sebelum kita melihat produk jadi matang.

Selain mengisi ceruk kreatif, bisnis di luar musim Axel juga menjembatani kesenjangan antara fase perencanaan dan desain–yang dapat terjadi pada musim gugur–dan musim semi dan musim panas, saat kru penanamannya mulai bekerja, memahat berbagai taman perumahan dan lanskap.

Dengan 13 toko di tujuh negara bagian Timur, puncak penjualan furnitur teras luar ruangan untuk pengecer Patio.com selama musim semi saat cuaca hangat mendekat. Kemudian, saat cuaca mendingin dan hiburan bergerak di dalam, terjadi penurunan penjualan.

Untuk menghindari keharusan memberhentikan karyawan penuh waktu selama musim sepi, 10 tahun yang lalu perusahaan mulai menawarkan meja biliar, pingpong dan foosball terbaik, serta bar, kursi bar, dan meja bar. kursi di ruang pamer toko mereka selama musim gugur dan musim dingin, mengubah bisnis musiman menjadi perusahaan sepanjang tahun.

Faktanya, bisnis meja biliar di luar musim telah menjadi begitu sukses sehingga Patio.com telah menjadi dealer Meja Biliar Brunswick terbesar di dunia. ‘Ini membutuhkan banyak pekerjaan dan banyak pelatihan, tetapi kami telah mampu mengubah Patio.com dari perusahaan musiman menjadi bisnis yang sukses sepanjang tahun,’ kata co-CEO perusahaan Mitchell Ross. “Semua tenaga penjualan telah menjadi ahli dalam furnitur teras dan meja biliar. Seluruh staf pengiriman kami sekarang tahu bagaimana melakukan perakitan dan perbaikan meja biliar.”

Apakah bisnis musiman Anda adalah bisnis yang menopang Anda sepanjang tahun atau memerlukan transisi di luar musim, bisnis tersebut dapat memberikan keragaman yang besar–dan bahkan sedikit waktu henti–jika Anda menguasai seni perencanaan, penjadwalan, dan pengaturan kecepatan yang cermat untuk diri sendiri.