Investasi Cerdas dengan Dollar Cost Averaging (DCA)

Dollar Cost Averaging, atau DCA, adalah teknik di mana Anda membeli sejumlah dolar tetap dari investasi favorit Anda secara berkala, seperti sebulan sekali.

Ketika harga turun, Anda akan menerima lebih banyak saham. Ketika harga lebih tinggi, Anda akan menerima lebih sedikit saham. Idenya adalah Anda dapat memanfaatkan penurunan harga tetapi juga meminimalkan pembelian dengan harga lebih tinggi. Dalam jangka panjang, harga saham rata-rata Anda akan berada di antara harga tertinggi dan terendah selama periode waktu tersebut, menghasilkan volatilitas yang lebih sedikit daripada memasukkan semua uang Anda hanya ke dalam satu atau dua perdagangan besar.

Teknik ini sangat sederhana dan dapat diatur untuk berjalan secara otomatis di banyak broker online seperti ShareBuilder. Ini adalah pilihan yang bagus untuk investor yang tidak punya waktu untuk duduk di depan komputer setiap hari untuk melihat harga yang sempurna yang akan datang.

Mengapa Berhasil

Karena pasar secara historis naik dalam jangka panjang, membeli saham secara berkala dalam jangka panjang harus naik juga. DCA harus mengurangi efek volatilitas harga sepanjang tahun, tetapi mungkin akan mengurangi peluang toto 4d Anda untuk mendapatkan keuntungan besar. Ini adalah tradeoff klasik dalam investasi risiko versus imbalan.

Diversifikasi Lebih Lanjut

Setiap saham memiliki potensi untuk “membom” Anda, menyebabkan kerugian besar. Salah satu cara yang bagus untuk mengurangi risiko ini adalah dengan memperdagangkan reksa dana, yang sering kali menyebarkan uang Anda ke ratusan saham yang berbeda. Dikombinasikan dengan DCA, Anda harus memiliki strategi investasi yang relatif aman dan mudah.

Penafian

Teknik ini tidak dijamin akan membuat Anda untung atau menghilangkan risiko kehilangan uang. Ini benar-benar hanya cara untuk rata-rata keluar harga saham. Misalnya, jika harga saham turun setiap bulan, harga rata-rata Anda akan semakin rendah, yang mengakibatkan kerugian secara keseluruhan.